Testimonial
Teknik iklan bahasa Inggris ini
merupakan teknik persuasi yang membuat konsumen memiliki hubungan dengan orang
yang muncul di iklan tersebut. Testimonial ini dapat dilakukan dengan
menggunakan selebritis, pengguna, para ahli, maupun masyarakat biasa. Dalam
iklan berbahasa Inggris, teknik ini biasanya disertai dengan panduan sub-title
agar jika iklan tersebut dipasang di negara lain, iklan dapat lebih mudah
dimengerti.
Contoh: In this business you’ve
got to be decisive so I choose milk. Some studies suggest that teens who chose
milk instead of sugary drinks tend to be leaner and the protein helps build
muscle. So eat right, exercise, and drink 3 glasses of lowfat or fat free milk
a day. (Taylor Swift pada salah satu iklan susu Amerika Serikat)
Emotional Appeal
Teknik ini merupakan teknik
iklan bahasa Inggris yang berusaha untuk menstimulasi kebutuhan psikologi,
sosial, dan emosional penonton. Iklan ini biasanya membangkitkan rasa takut,
benci, suka, ketamakan, hasrat seksual, humor, atau stimulus psikologi lain
yang dapat dipenuhi dengan produk atau jasa yang ditawarkan.
Contoh: In town, car accidents
don’t just happen to cars. (Iklan layanan masyarakat mengenai berkendara dengan
gambar seorang anak yang kepalanya terbuat dari kaleng dan penyok sebelah).
Bandwagon Appeal
Teknik iklan bahasa Inggris
yang mempengaruhi masyarakat untuk dapat membeli produk atau melakukan sesuatu
karena massa melakukannya juga. Pada dasarnya meyakinkan konsumen untuk membeli
produk yang telah dibeli oleh banyak orang.
Contoh: Over 99 billion served.
(Iklan restoran cepat saji)
Snob Appeal
Teknik iklan bahasa Inggris ini
merupakan teknik yang berkebalikan dengan bandwagon. Teknik ini meyakinkan
konsumen bahwa jika konsumen menggunakan produk/jasa tersebut, konsumen akan
menjadi berbeda dari kebanyakan orang. Iklan ini memberikan efek eksklusif pada
konsumen.
Contoh: If your coffee isn’t
perfect, we’ll make it over. If it’s still not perfect make sure you’re in a
S*a*b*c*s. (Iklan kedai kopi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar